Pandangi Foto orang yang anda kasihi bisa mengurangi rasa sakit

Kehadiran orang-orang terkasih memang bisa menjadi penyemangat hidup bagi kita, terutama disaat sakit. Dukungan yang diberikannya penting bagi kesembuhan secara fisik maupun mental. Namun bagi Anda yang tengah menderita sakit dan tidak bisa ditemani seseorang tercinta, tak perlu khawatir karena kini kehadiran mereka bisa digantikan oleh sebuah foto. Penelitian terbaru menyebutkan memikirkan seseorang yang kita cintai sambil memandang fotonya dapat membantu meredakan rasa sakit yang dialami.

Ini dibuktikan lewat sebuah riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) dengan melibatkan 25 perempuan yang diketahui sudah memiliki kekasih dan menjalin hubungan selama enam bulan.

Dalam riset tersebut, partispan diminta menjalani sebuah percobaan, dimana mereka mendapatkan rangsangan panas yang cukup menyakitkan. Rasa panas disalurkan lewat plester yang ditempelkan pada bagian bawah lengan para partisipan disejumlah kondisi yang berbeda. Kemudian mereka diminta memegang tangan kekasih mereka yang duduk di belakang tirai, tangan orang yang tidak dikenal dan memegang sebuah bola untuk mengetahui perbedaanya. Hasilnya, pada saat perempuan memegang tangan kekasihnya, mereka mengaku lebih sedikit mengalami rasa sakit akibat ransangan panas yang diterima dibandingkan dengan saat mereka memegang tangan orang asing atau bola.

"Ini mengubah pendapat kita mengenai bagaimana dukungan sosial memengaruhi orang," ungkap Naomi Eisenberger, Asisten Profesor Psikologi serta Direktur Laboratorium Ilmu Syaraf Afektif dan Sosial di UCLA.

Selanjutnya, pada tes kedua para partisipan diperlihatkan foto sebuah kursi, orang yang tidak dikenal dan foto kekasih mereka. Dari tes ini, para partisipan mengaku rasa sakit mereka berkurang ketika memandangi foto kekasih mereka dibanding saat melihat foto-foto lainnya.

"Ketika semua perempuan tersebut memandang foto pasangan mereka, mereka melaporkan lebih sedikit mengalami rasa sakit akibat rangsangan panas ketimbang ketika mereka sedang memandangi foto satu obyek atau foto orang asing," lanjut Naomi.

"Sudah sejak lama kita mengetahui bahwa seorang pasien akan lebih kuat menghadapi rasa sakit ketika ditemani orang-orang terkasih. Dalam riset ini, kami ingin membuktikan bahwa memandang foto orang yang dicintai juga memiliki efek yang sama," tambahnya.

Lewat riset yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science ini, para peneliti menyarankan kepada mereka yang sedang menderita sakit agar selalu didampingi oleh orang-orang tercinta atau setidaknya memandang foto orang yang dikasihi untuk mengurangi rasa sakitnya itu.[cntq/ais/rlks)

Written by